Wednesday, September 11, 2013

Tahun ajaran baru ini harus ada perubahan, tahun kemarin masih malas nyusun Perangkat pembelajaran RPP silabus prota promes dan KKM eh tahun ini malah dituntut untuk membuat Perangkat pembelajaran RPP berkarakter silabus berkarakter prota promes dan KKM, nah, untuk kali ini, daripada bingung dan pusing mikirin itu semua, lebih baik kita pake jurus ampuh saja, amati tiru dan modifikasi..
Oke deh... to the point aja...bagi rekan-rekan guru Matematika yang membutuhkan RPP berkarakter, Silabus Berkarakter, Prota, Promes, KKM dll, monggo didownload saja punya saya ini...
Semoga bermanfaat ya...
disini ada beberapa contoh rpp kelas 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                             Nama Sekolah          :     .............................
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VIII (Delapan)
                                             Semester                   :     2 (Dua)


Standar Kompetensi    :4.    Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar                     :4.1. Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran.
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran.

A.     Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.      Materi Ajar
         Lingkaran, yaitu mengenai mengenal unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran.

C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
         Pendahuluan         :  -     Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                          -     Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
         Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    •  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 2, mengenai mengenal unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran).        
    •  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema.
    •  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
    •  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
    • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
    •  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
    • Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai pemasangan nama unsur-unsur atau bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema terhadap gambar ilustrasinya, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
    • Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran.
    • Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.      
    • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
    •   memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
    • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
    •   memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    • memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
    • memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
    • memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
    •  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
    •   bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
    • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
    •  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
    •  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E.      Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 2.
-        Buku referensi lain.
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP

               F.      Penilaian Hasil Belajar .          
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, talibusur, juring dan tembereng.

Tes lisan
Daftar pertanyaan
             

                  
Disebut apakah ruas garis ?


        
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….

        


Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Berkarakter lengkap (tinggal klik saja yang dibutuhkan)!!!
Posted by Unknown On 11:25 PM No comments

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

pengunjung

    Blogger news